Pembangunan Tabalong Terus Meningkat

  • Sambutan Bupati di Harjad ke-48 Kabupaten Tabalong

assaTANJUNG - Bupati Tabalong H Rachman Ramsyi sejak awal masa jabatannya terus menjalankan visi yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2009-2014. Bahkan apabila diukur secara makro hasil pembangunan terus mengalami peningkatan.

Hal itu terungkap saat bupati mem-berikan Sambutan pada acara puncak Hari Jadi ke-48 Kabupaten Tabalong di Halaman Pendopo Bersinar, kemarin (2/12). Rachman Ramsyi menegaskan capaian angka indikator makro pembangunan itu akan terus ditingkatkan untuk menggerakkan pembangunan di seluruh sektor yang ada.

Baik pertanian Tanaman pangan dan perkebunan, peternakan dan perikanan, kehutanan, perdagangan dan koperasi serta Usaha Kecil Menengah (UKM), maupun sektor-sektor lainnya termasuk sektor ketenagakerjaan. "Tujuannya tidak lain adalah mewujudkan peningkatan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong," katanya.

Pada Hari Jadi ke-48, bupati memaparkan Pemkab Tabalong terus tumbuh dan berkembang sebagai kabupaten yang mandiri dalam penyelenggaraan otonomi daerah.Dari tahun ke tahun, Pendapatan Ash Daerah (PAD) terus meningkat, sehingga Anggaran Pendapatan dah Belanja Daerah (APBD) juga semakin meningkat, baik itu dari sisi pendapatan maupun dari sisi belanja.

Memasuki tahun terakhir masa pemerintahannya, APBD Kabupaten Tabalong tahun anggaran 2013 mencapai Rp 1.043.102.154.137 dengan nilai belanja sebesar Rp 1.091.328.001.508,52. Apabila dibandingkan APBD tahun 2009, dimana dari sisi pendapatan sebesar Rp 702.299.567.091, naik sebesar 59,7%. Dari sisi belanja sebesar Rp 715.049.306.258, naik sebesar 37,63%.

"Peningkatan nilai APBD dari sisi pendapatan ini juga di imbangi dengan peningkatan nilai PAD. Pada tahun 2009 nilai PAD mencapai Rp 34.974.225.065, sedangkan pada tahun 2012 mencapai Rp 69.674.967.080 atau terjadi peningkatan nilai PAD sebesar 34,7%," katanya.

"Ini merupakan prestasi yang patut kita syukuri bersama. Di APBD itulah kita merumuskan biaya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan tentunya pembiayaan untuk pelayanan terhadap masyarakat," tegasnya.

"Dengan APBD yang terus meningkat, kita menyaksikan geliat pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan,pertanian, perkebunan, dan bidang-bidang pembangunan lainnya yang terus bergulir dan mengalami peningkatan yang cukup pesat dan terus kita perbaiki dan kita benahi," sambungnya.

Selain menyampaikan peningkatan pembangunan, bupati juga menyampaikan permohonan maaf memasuki masa kepemimpinan yang mau berakhir.

"Inilah yang dapat kami lakukan untuk kemajuan Kabupaten Tabalong. Dari itu semua tentunya ada ketidakpuasan dari sebagian kalangan masyarakat. Atas ketidakpuasan ini tak lupa kami ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan yang kami miliki. Tak ada gading yang tak retak, tak ada yang lebih sempurna kecuali milik Allah," tegasnya.

Sambutan ini disampaikan bupati di hadapan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Bupati dan Wakil Bupati Tabalong terpilih pada Pemilukada 2013 H Anang Syahfiani dan Zony Alfianoor, seluruh pejabat Pemkab Tabalong, dan sejumlah perwakilan masyarakat.(FW)

(Sumber : RADAR BANJARMASIN edisi Selasa, 03 Desember 2013)

Share