Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin Lantik Bupati dan Wakil Bupati Tala

bnPELAIHARI - Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Ariffin, Rabu (24/ 7), secara resmi melantik dan mengambil sumpah H Bambang Alamsyah dan H Sukamta sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tanahlaut (Tala) periode 2013-2018.

Pelantikan H Bambang Alamsyah H Sukamta sempat tertunda hampir dua bulan, menyusul adanya gugatan Pilkada Tala ke Mahkamah Konstitusi (MK), bahkan sampai ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Pelantikan Bupati dan wakil Bupati Tala periode 2013-2018 itu digelar dalam Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tala DPRD Tanah Laut (Tala) oleh Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin di Gedung Balairung Tuntung Pandang, Pelaihari.

Gubernur Kalsel, H Rudy Ariffin mengatakan, pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati di Tanah laut berlangsung tertib aman, menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan lancar Ini tentunya merupakan kebanggaan masyarakat Kalsel, khususnya di Tanahlaut.

Kondisi di Kalsel yang aman, tertib, demokratis jauh dari anarkis tersebut berbeda jauh dengan daerah lain di Indonesia, dimana pelaksanaan pesta demokrasi acapkali di warnai anarkis antar kelompok.

"Ini tentu menjadi kebanggaan kita, masyarakat bersatu walau beda pilihan, " ujarnya. Gubernur berharap dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Tanah laut, roda pemerintahan di Tala, bisa berjalan lancar dan segala program pembangunan dapat diwujudkan.

Bupati dan Wakil Bupati yang mendapat amanah diharapkan mampu mengontrol keuangan daerah dan memprioritaskan skal pembangunan dan kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.
Dia mengatakan, dalam menata pemerintahan diperlukan dukungan penegak hukum guna mencegah terjadinya korupsi, mengingat pemerintahan yang baik terbebas dari namanya korupsi.

Oleh karena itu, pemerintahan yang bebas dari korupsi bisa terwujudkan, kalau pemimpin selalu mampu melakukan kontrol dan dipundak bupatilah pelayanan dasar pelayanan publik dapat terwujud.
Pelayanan itu harus dirasakan masyarakat terutama orang kurang mampu di daerah ini. "APBD harus berpihak pada masyarakat, "tegas Gubernur.

Kabupaten Tanah laut, lanjutnya, dari segi sumber daya alam cukup berlimpah, tentunya ini merupakan modal besar guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu kekuatan ekonomi harus lebih diberdayakan.

Sementra itu, Bupati Tala, H Bambang Alamsyah usai dilantik, mulai saat ini dirinya akan bekerja untuk rakyat Tanahlaut, sebab ini adalah amanah yang harus kami wujudkan melalui pembangunan tercantum dalam program dan visi-misi.
"Saya dengan pak Kamta (panggilan Sukamta) sebagai Wakil Bupati akan berbagi tugas agar menjalankan program pembangunan melayani masyarakat," kata Bupati. Turut hadir pada pelantikan itu, antara lain, Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, H Sulaiman HB, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalsel, H Ardiansyah yang jugs mantan bupati Tala dan mantan Wakil Bupati Tala, periode 2008-2013, H Atmari.

Anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil Kalsel, H Syaifullah Tam] iha, anggota DPR RI dari Partai Golkar, H Ahmadi Noor Supit, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, H Baharudin Syarkawie.
Kemudian, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Kalsel, H Adhariani, H Sopwat Hadi, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Marring, Bupati Barito Kuala (Batola), H Hasanuddin Murad.
Disamping itu, Wakil Walikota Banjarbaru, Ogi Fajar Nuzuli, Sekda Kota Banjarmasin, H Zulfadli Gazali, unsur muspida Kalsel dan Kabupaten Tanahlaut.fw

(Sumber : Mata Banua edisi Kamis, 25 Juli 2013)

Share