Kehadiran Presiden Urusan PWI Pusat

Banjarmasin, BARITO

Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) dan Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Banjarmasin merupakan agenda nasional yang kabarnya bakal dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Namun, kepastian hadir atau tidaknya kepala negara di kota Seribu Sungai ini merupakan urusan PWI Pusat sebagai panitia kongres.

Penegasan ini disampaikan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Senin (8/7), seusai rapat paripurna DPRD provinsi setempat.

"Kongres ini kan memillh pengurus PWI Pusat yang baru. Biasanya kongres PWI ini dihadiri presiden. Sementara porwanas biasanya dihadiri atau dibuka oleh Menpora. Jadi ada dua even. Karena itu, kehadiran prcsiden diharapkan di kongres," katanya.

Namun, lanjut Gubernur kehadirannya presiden itu merupakan urusan PWI Pusat sebagai panitia kongres, bukan panitia daerah. "Kalau kita panitia (urusan) Porwanas. Ini kan rekan-rekan dari PWI juga panitianya, yang disupport penuh oleh rekan-rekan pemprov," imbuhnya.

Karena itu, tambah Gubernur, pihaknya tidak bisa memastikan soal kedatangan presiden ini. Namun demikian, jika presiden positif datang, pemerintah daerah akan menyiapkan fasilitas.

"Ya, namanya kedatangan presiden atau wakil presiden masa kita berdiam diri. Kan ada pengamanan dan akomodasi," ujarnya.

Karena kegiatan ini menyangkut kepentingan wartawan, menurut Gubernur pihaknya pasti membantu dan memperhatikan. "Saya kira buat kawan-kawan wartawan, sepenuhnya kita bantu kelancaran acara ini. Apalagi Kalsel jadi tuan rumah yang baik, karena yang bangga kanjuga wartawan," seluruhnya.

Apakah tidak membebani pemerintah daerah ?
Gubernur diplomatis menegaskan itu sebagai bentuk konsekuensi. "Saya kira beban anggaran itu sesuatu yang logis, tapi yang penting wartawan bisa melaksanakan Porwanas dan kongres," tandasnya.

Sebelumnya, pengurus PWI Pusat menyatakan akan berusaha mengajak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memeriahkan Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) XI dan Kongres PWI di Banjarmasin, yang dijadwalkan September 2013.

"Memang Bapak Presiden tak mungkin membuka Porwanas. Karena, menurut informasi, pada waktu bersarnaan dengan pembukaan Porwanas XI yang dijadwalkan September mendatang, Pak SBY menghadirl Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2013 di Yogyakarta," kata Ketua Umum Pengurus Pusat PWI Margiono, saat menemui Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, di Banjannasin, Kamis malam.

Turut hadir dalam pertemuan dengan Gubernur Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Taman Azzam.

Meski presiden tidak membuka Porwanas, lanjut Margiono, pihaknya akan berupaya mencarikan waktu yang tepat, untuk mengundang orang nomor satu di Republik Indonesia itu untuk berkunjung ke Kalsel.

"Kita berharap, setidaknya Bapak SBY ke sini (Kalsel) saat penutupan Porwanas XI dan Kongres PWI. Tapi yang jelas, kemungkinan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) yang membuka Porwanas, yang pelaksanaannya dimulai 4 Septemer 2013," demikian Margiono.sop kh

(Sumber : Barito Post edisi Selasa, 09 Juli 2013)

Share