HARGANAS : KELUARGA PONDASI UTAMA KEHIDUPAN

administrator 09 July 2019 Berita 53 Views

Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019 di halaman kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (6/7/2019). MC Kalsel/tgh

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membuka acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI 2019 di halaman kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (6/7/2019).

Momentum ini untuk mengingatkan kembali pentingnya keluarga menanamkan kepada generasi selanjutnya untuk kehidupan berkeluarga yang sehat dan sejahtera. Acara puncak ini dihadiri 5.000 anak-anak Pramuka penerima Kartu Indonesia Anak (KIA) serta ratusan remaja Generasi Berencana (GenRe) dari seluruh provinsi di Indonesia. Selain Menko PMK Puan Maharani turut pula hadir Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Dalam sambutannya Puan Maharani mengatakan, dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera dimulai dari perencanaan keluarga yang baik.

“Harganas ini jangan hanya seremonial saja, tetapi benar-benar menjadikan keluarga sebagai fondasi utama dalam setiap segi kehidupan,” katanya. 

Sementara itu Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo dalam laporannya mengatakan, Harganas merupakan pengingat akan pentingnya keluarga bagi pembangunan bangsa sebagai wahana untuk memenuhi kebutuhan asah, asih, dan asuh.

“Keluarga menjadi tempat sempurna untuk menanamkan nilai karakter manusia Indonesia, yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong,” katanya. 

Selain itu menurut dia, hal yang harus dibangun sejak dini, saat kehamilan, kelahiran hingga masa tumbuh kembang anak, demi mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga kecil bahagia sejahtera.

“Kami ingin mendorong masyarakat untuk selalu memulai segala sesuatu dengan rencana dalam setiap aspek kehidupan. Diawali dari keluarga. Hidupkan kembali nilai-nilai keluarga melalui aktivitas berkumpul, berinteraksi, berdaya, berbagi dan peduli. Jadikan momentum Harganas untuk mengingatkan kita kembali betapa pentingnya arti sebuah keluarga,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan rangkaian acara Harganas XXVI telah dimulai sejak 2 Juli 2019. Peringatan tahun ini bertema ‘Hari Keluarga, Hari Kita Semua. Cinta Keluarga, Cinta Terencana.

Dikesempatan yang sama Gubernur Provinsi Kalsel Sahbirin Noor mengatakan dalam acara puncak Hari Peringatan Keluarga Nasional, atas nama masyarakat dan pemerintah Provinsi kalsel, mengucapkan selamat datang di Bumi Lambung Mangkurat khususnya di komplek perkantoran Bumi Kalimantan Selatan.

Menurutnya Hari Keluarga Nasional mengingatkan pentingnya arti sebuah keluarga, perjalanan manusia dimulai dari sebuah Keluarga. Kita dilahirkan tumbuh, remaja, kemudian menjadi dewasa, menikah dan sampai akhir hayat.

“Kami keluarga Kalsel selalu menanamkan pentingnya nilai-nilai kekeluargaan dimana sejak kecil orang Banjar telah mengenal yang namanya konsep bubuhan dan bedingsanak, dapat diartikan konsep persaudaraan dan kekerabatan khas budaya Banjar,” tuturnya.

Kegiatan hari puncak harganas dirangakai dengan berbagai macam penyerahan penghargaan seperti penyerhan penghargaan satya lencana pembangunan bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, penghargaan Rekor Muri, pemberian KIA, KIS, KIP, KKS, bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebanyak 1/2 ton untuk balita dan ibu hamil. MC Kalsel/tgh

 

Sumber : MCKALSEL

Pencarian

Kategori

Berita
Daerah

Berita Terpopuler

Goverment Public Relations