JELANG AKHIR TAHUN, PEMPROV KALSEL BERHASIL TUNTASKAN SEGMEN BATAS WILAYAH KALTIM

Penulis 20 November 2020 Daerah 35 Views

Tugu perbatasan Kaltim dan Kalsel, di Sengayam, Kabupaten Kotabaru (daratan)

BANJARBARU – Menjelang akhir tahun 2020, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah berhasil menyelesaikan segmen batas wilayah dengan Kalimantan Timur. Bahkan, seluruhnya telah dituntaskan.

Gerbang Perbatasan Kaltim dengan Tabalong. Ist.

Kepala Bagian Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Setdaprov) Kalimantan Selatan, Maman Suherman mengatakan, meski masih menyisakan 4 segmen lagi dari total 26 dan berhasil menyelesaikan 22. Namun, 3 segmen lainnya, yakni batas wilayah antara Kalsel dan Kaltim telah tertuntaskan dengan dibuktikannya pembangunan tugu di tiga wilayah Kabupaten.

                                                     Kabag Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Kalsel, Maman Suherman       

“Dari total 26 segmen, 22 telah dituntaskan. Salah satunya yang benar-benar berhasil yaitu wilayah Kalsel dengan Kaltim, sebut saja Tabalong, Balangan dan Kotabaru di wilayah daratan ketiganya berbatasan dengan Kabupaten Paser,” ujarnya kepada Abdi Persada FM di ruang kerjanya, Kamis (19/11) siang.

Maman mengungkapkan, meskipun tahun ini masih menyisakan wilayah Kabupaten yang dalam penyelesaiannya belum terpenuhi dan menargetkan kembali pada 2021 mendatang. Namun, setidaknya Pemprov Kalsel berhasil menuntaskan 22 segmen batas wilayah.

“Alhamdulillah, dari 3 segmen batas wilayah ke Kabupaten Paser, Kaltim yang masuk 22 segmen sudah dipastikan aman dan telah terselesaikan, tinggal 4 saja lagi akan tetapi 2 diantaranya sedang berproses yaitu wilayah Batola-Tapin dan Banjar-Tanah Laut,” bebernya.

Selain menjabarkan keberhasilan tiga segmen batas wilayah provinsi, Maman menyebutkan, terhitung sejak 2006 lalu tercatat melalui hasil plot, bahwa Pemprov Kalsel harus menyelesaikan 26 segmen dari total keseluruhan. Namun, dikarenakan adanya sedikit kendala pada tahun ini. Maka, Pemerintah hanya berhasil memenuhi 22 segmen saja.

“Agar nantinya bisa menyelesaikan 26 segmen tadi, ditargetkan 2021 diusahakan bisa tercapai, dan sisanya ini masih ditingkat kabupaten/kota dan provinsi di wilayah Kalteng dengan total jumlah 7 segmen, akan tetapi 2 diantaranya sudah selasai dan 1 sedang berposes, yaitu Batola-Barsel, Bartim-Tabalong dan tengah berjalan Batola-Kapuas (proses) dan akan diselesaikan segera,” paparnya.

Meski begitu, dirinya mengungkapkan, dari 3 segmen khusus batas wilayah provinsi Kalsel dan Kaltim telah tercapai dan terpenuhi di 2020 dan masuk dalam daftar 22 segmen itu. Pihaknya masih akan tetap menyelesaikan sisa target sebelumnya.

“Pencapaian tahun ini, setidaknya 3 segmen untuk batas wilayah provinsi berhasil diselesaikan, dan tantangan selanjutnya yaitu 2 dari 4 yang berproses dan sisanya lagi bakal menjadi penyesaian target 2021,” tegasnya.

Dari 22 segmen yang terselesaikan, tiga batas segmen wilayah diantaranya meliputi Tabalong, Balangan hingga Kotabaru ini telah dibuktikan dengan bagunan tugu perbatasan antar Provinsi Kalsel dan Kaltim, yakni Sengayam, Gunung Halat dan Mabuun, Murung Pudak.

“Kalau ketiga tugu di perbatasan provinsi itu sudah dibangun dan PUPR Kalsel membuatnya,” pungkasnya. (RHS/RDM/RHD)                                                                                                                                                                                                             

SUMBER : abdipersadafm